Inilah Cara Membersihkan Mobil di Rumah Tanpa Harus Ke Salon

cara membersihkan karpet dasar mobil - cara mengelap mobil dengan benar - cara mencuci mobil tanpa sabun - cara mencuci mobil agar mengkilap - cara mencuci mobil warna silver - mencuci mobil pakai sunlight - cara membersihkan debu di body mobil - cara mencuci mobil sendiri di rumah

cara membersihkan karpet dasar mobil - cara mengelap mobil dengan benar - cara mencuci mobil tanpa sabun - cara mencuci mobil agar mengkilap - cara mencuci mobil warna silver - mencuci mobil pakai sunlight - cara membersihkan debu di body mobil - cara mencuci mobil sendiri di rumah

Menjual mobil memang menjadi pilihan kamu ketika ini memang diperlukan. Apapun jenis dan brand  mobil anda, tetap saja suatu mobil bekas yang hendak kamu jual.

Mobil bekas (second hand car) tentu mempunyai harga jual yang lumayan jauh dengan harga barunya. Namun masih mempunyai sifat relatif tergantung situasi mobil bekas itu baik eksterior maupun interiornya.

Setiap pembeli tentu akan menyaksikan tampilan mobil bekas yang bakal mereka beli sebelum memeriksa situasi mesinnya.

Mempercantik interior dan eksterior mobil bekas yang akan kamu jual merupakan tahapan yang paling disarankan supaya harga jual mobil bekas itu terjaga dengan baik. Artinya, harga jual tidak terjun bebas.

Membersihkan mobil bekas tidak mesti memakai jasa salon mobil. Bagi menghemat ongkos dan dapat mengerjakan pembersihan secara detail, kamu bisa melakukannya sendiri.

Dengan perangkat pembersih simpel seperti sikat, handuk atau kain lap kamu dapat mengerjakan pembersihan terhadap eksterior dan interior mobil anda.

Simak pembahasan berikut tentang pembersihan secara rinci sebelum mobil kamu dijual.

1. Bodi

Sebelum kamu melakukan pencucian, pastikan mobil kamu berada di lokasi yang teduh. Hindari pencucian saat permukaan mobilnya masih dalam suasana panas. Tunggu sampai permukaannya sejuk tergolong pada ban juga.

Sambil menantikan suhu permukaan mobil turun, kamu bisa menyiapkan alat- perangkat yang akan kamu gunakan. kita usahakan memakai handuk serat mikro dengan bulu tebal.

Bahan itu akan dapat mengusung kotoran dan tidak membuatnya masuk ke dalam permukaan mobil lainnya. Sediakan pun sabun pembersih mobil, bukan deterjen pencuci piring.


  • Saat mengerjakan pencucian sediakan dua ember. Satu dengan pembersih yang berbusa, satu lagi melulu mengandung air. Kedua ember ini memiliki faedah masing- masing. Setelah kamu mencelupkan kain ke dalam air berbusa dan mencuci mobilnya, lantas kain yang menjadi berbusa dan kotor dicelupkan ke dalam ember yang mengandung air. Hal ini untuk mengawal kain tetap bersih untuk memungut busa pembersih lagi setelahnya dan pasti tidak mencemari ember pembersih.
  • Sebelumnya telah dilafalkan bahwa hindari pemakaian deterjen pencuci piring. Deterjen pembersih itu dapat mengupas polimer dari lapisan cat mobil anda. Efek lainnya ialah dapat mempercepat proses oksidasi juga.
  • Lakukan penyemprotan terlebih dahulu dengan air bersih ke semua permukaan bodi mobil. Penyemprotan ini guna mengusung kotoran, jamur atau lemak yang menempel di mobil anda. Pada bagian- unsur tertentu laksana kolong mobil bakal lebih baik dipancar dengan air bertekanan lebih tinggi.
  • Mulailah membasuh mobil dari unsur atas kemudian ke bawah. Gunakan sabun dengan PH rendah dan pakai spons guna memberi sabun pada bodi mobilnya. Mulailah membasuh dan memberi sabun dari unsur atap mobil, lantas langsung bilas dengan air bersih sebelum sabun mengering. Lakukan dan ulangi pada unsur lain sesudah bagian tadi telah bersih.
  •  Untuk mengurangi bercak- bercak kerjakan penyemprotan dengan air bersih pada bilasan akhir di semua bodi. Lalu keringkan dengan handuk. Perlu perhatian, tidak boleh biarkan angin atau panas matahari mengeringkannya. Jika tersebut terjadi maka bakal timbul bercak- bercak sabun.

2. Bagian Roda

Lanjutkan pembersihan ke unsur ban. Bersihkan pelek terlebih dahulu, sebab pada unsur ini memang tidak sedikit sekali kotoran laksana debu dan minyak yang berkumpul.

Dalam proses pembersihan kamu disarankan untuk tidak mempedulikan sejenak sabun sedang di pelek tersebut supaya menyerap sekitar 1 atau 2 menit sebelum lantas disikat dan dibilas.

Adapun yang butuh diingat, yaitu:

  • Pembersih berbasis asam melulu boleh untuk dipakai pada roda alloy bertekstur kasar.
  • Roda chrome dapat dibuat mengkilap dengan memakai semir logam atau pembersih kaca.

Selain mencuci dengan teknik seperti biasa, berikut ialah beberapa opsi sebagai tips untuk mencuci ban mobil anda.

Menggunakan Minuman Bersoda

  1. Cuci ban mobil kamu seperti biasanya. Gunakan sabun yang biasa dipakai untuk menghilangkan bekas noda laksana minyak, cipratan oli atau kotoran lainnya yang serupa.
  2. Keringkan ban sesudah dicuci. Keringkan dengan mengelap guna mempercepat proses pengeringan tersebut.
  3.  Gunakan air minuman bersoda guna mengusap ban. Dengan pertolongan kain yang bersih, usapkanlah air soda itu secara merata ke semua bagian ban mobil anda. Tunggu sampai kering dan lihat hasilnya.

Menggunakan Silikon Cair

Secara pemakaian tidak terdapat yang bertolak belakang dengan pemakaian semir ban pabrikan pada umumnya. Namun, bahan dasar semir ban pabrikan tersebut ialah silikon cair ini sendiri. Tapi sebab harga silikon cair yang tinggi, maka pabrikan mencampurnya dengan bahan lain.

Jadi, secara singkat, pemakaian 100% silikon cair guna melapisi ban mobil anda ialah pemakaian semir ban mobil berbobot | berbobot | berkualitas super.

Untuk menciptakan semir ban cair sendiri yang lebih terjangkau, silikon dapat dicampur dengan bahan lain yakni turpentine cair. Perbandingannya ialah 70% turpentine dan 30% silikon.

Cara kerja larutan ini pada dasarnya ialah untuk melapisi ban secara tipis, powerful dan tahan air sampai-sampai akan menciptakan ban terlihat mengkilap dan laksana baru.

Menggunakan Produk Semir Pabrikan

Penggunaan semir ban pabrikan ialah cara yang biasa. Bagi tahu bahan dasarnya sudah diterangkan di poin sebelumnya. Biasanya pemakaian semir pabrikan ini dipakai oleh mereka yang hendak sesuatu yang praktis dan siap pakai.

BACA JUGA : Inilah Cara Mengganti Ban Mobil yang Harus Kalian Tahu

Kaca Mobil

Untuk urusan mencuci kaca mobil dari kotoran yang membandel, kamu bisa memakai kain serat mikro saat mencucinya dan mengelapnya. Jika kamu tidak mempunyai serat mikro dapat menggunakan kain bersih yang bebas serat.

Anda pasti tidak inginkan meninggalkan sisa- saldo serat di dalam mobil sesudah membersihkannya.
Pada unsur kaca luar, mesti terlihat mengkilap dan memantulkan cahaya, bukan kusam dan kotor.

Berhati- hatilah dengan jendela yang berwarna. Pewarna pabrik telah melekat pada kaca tersebut, dan bisa terurai ataupun bobrok oleh pembersih yang berisi amonia dan atau cuka. Maka dari itu, periksalah pembersih kamu sebelum menggunakannya ke jendela berwarna mobil anda.

Interior


  • Keluarkan karpet lantai dan sedot debu yang terdapat pada karpet tersebut, alas, bagasi, jok, rak bagasi dan dashboard. Jangan hingga ada yang terlewatkan, satu debu dapat memicu debu yang beda datang. Mulailah dari unsur atas, kemudian ke bawah. Debu atau kotoran yang terkumpul di atas dapat jatuh ke bawah. Hal ini menjadi lebih tepat guna dalam membersihkannya.
  • Gunakan busa pembersih dan gosok dengan kain atau spons basah untuk mencuci noda karpet atau jok. Sebelum diseka dengan handuk biarkan sejumlah menit. Ulangi andai noda belum pun hilang. Untuk tahapan akhir, cuci unsur yang dimurnikan dengan spons basah dan seka lagi. Pastikan pun untuk mengeringkan unsur yang basah dengan pasti, sebab kelembapan dapat menyebabkan tumbuhnya jamur.
  • Lap permukaan interior yang keras dengan pembersih serbaguna yang lembut. Gunakan pelapis interior guna sentuhan akhirnya.
  • Berikan perhatian pun pada lubang AC guna detailing. Semprotkan tidak banyak vinyl pada kisi- kisi lubang AC guna membuatnya tampak mengkilap dan bersih.
  • Pada jok mobil urgen untuk menciptakan detail yang bagus. Tapi bahan jok yang bertolak belakang tentu bakal memiliki teknik pembersihan yang bertolak belakang juga. Anda barangkali akan butuh menyedot debu jok atau lokasi di sekitarnya.
  • Pada jok atau komponen interior mobil yang tercipta dari bahan kulit dapat menggunakan kondisioner andai diperlukan. Penggunaan kondisioner ini supaya komponen yang tercipta dari kulit itu akan terlihat unik dan tidak jarang kali lembap sampai-sampai tidak mengering dan mengelupas.


Demikian tips dan sejumlah ulasan mengenai pembersihan eksterior dan interior mobil kamu sebelum kamu jual. Namun diluar topik tersebut, pembersihan dan perawatan ini (detailing) hendaknya dilaksanakan minimal sebulan sekali guna menjaga kesucian dan situasi material mobil anda supaya tetap prima dan cemerlang.

Semoga Bermanfaat dan Selamat mencoba.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Cara Membersihkan Mobil di Rumah Tanpa Harus Ke Salon"

Posting Komentar