Tips Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet Dan Tahan Lama

 cara merawat aki basah mobil biar awet - cara merawat aki mobil yang jarang dipakai - cara merawat accu soak - cara mengatasi aki tekor pada mobil - cara mengisi air aki mobil - cara merawat mobil aki anak - cara menghemat aki mobil - cara merawat aki kering mobil


 cara merawat aki basah mobil biar awet - cara merawat aki mobil yang jarang dipakai - cara merawat accu soak - cara mengatasi aki tekor pada mobil - cara mengisi air aki mobil - cara merawat mobil aki anak - cara menghemat aki mobil - cara merawat aki kering mobil

Tips Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet Dan Tahan Lama – Salah satu dari ciri aki mobil beroda empat perlu diganti adalah sering kali tekor bahkan hingga mesin susah dinyalakan. Pada sepeda motor juga sama, seandainya starter motor telah tidak bisa digunakan mungkin adalah ciri aki motor bermasalah dan wajib diganti.

BACA JUGA : Cara Memperbaiki Starter Mobil Mati Total Dengan Benar


Seringkali kurangnya langkah perawatan aki juga mewujudkan kendaraan beroda empat dan motor akan menimbulkan terminal kendor, kotor, elektrolit aki habis dan masih banyak lagi. Untuk perawatannya sendiri, biasanya aki di charge atau di isi ulang sebelum akan digunakan, dan aki normal kembali. Hal ini bisa kita lakukan seandainya kondisi aki pada motor/kendaraan beroda empat masih bagus saja, akan tapi seandainya faktor usia yang mengobrol mungkin akan susah mendapat performa aki yang maksimal.

Tips Merawat Aki Mobil

Sekiranya menggunakan motor mungkin tak akan pusing bila aki/baterai tekor, karena pada motor telah dilengkapi kick starter, jadi mesin dapat menyala walau tanpa elektrik starter. Namun tak berlaku untuk motor yang tanpa kick starter, karena kadang-kadang ada motor yang tak dibekali kick starter. Sekali saja aki tekor, maka motor tak dapat dinyalakan. Biasnaya hal ini sering kali menimpa motor sport.

Seketika seperti apa langkah dalam merawat aki mobil supaya konsisten awet, berikut review lengkapnya untuk anda.

    Periksa Elektrolit Aki

Langkah memeriksa jumlah elektrolit pada aki yaitu langkah merawat suatu aki atau baterai pada sebuah kendaraan. Cara gampang sekali, cukup periksa satu bulan sekali secara berkala. Jika elektrolit berada pada garis lower jenjang, berartii perlu anda tambah air aki nya. Keberadaan dari elektrolit sendiri sangatlah penting, bila jumlahnya tak layak maka kendaraan susah distarter.

    Periksa Komponen Terminal Aki/Baterai

Pastikan terminal pada aki/baterai bebas karat atau terminal longgar. Sekiranya terdapat karat atau jamur, dapat dibersihkan menggunakan air panas, karena langkah tersebut terbilang ampuh menghilangkan jamur. Sementara bila terminal kendor, maka kencangan dan bila dibutuhkan dapat menggantinya dengan komponen baru.

    Kerap Memanaskan Mesin Mobil Bila Jarang Dipakai

Secara lazim segala aki pada mobil bakal mengalami pase self discharge yang mana kapasitas aki tersebut dapat berkurang secara otomatis sedangkan tak diaplikasikan. Itulah mengapa bila mobil atau motor tak diaplikasikan selama bermingu-minggu sampai berbulang-bulan dapat membuat aki tekor dan mesin susah dinyalakan. Untuk itu, lakukan langkah memanaskan mobil supaya aki dapat terisi ulang oleh metode pengisian dari mobil. Cukup 15 menit tiap minggunya bila mobil jarang diaplikasikan.

    Periksa Komponen Metode Pengisian

metode ini termasuk sederhana, yaitu cukup memperhatikan indikator aki pada dashboard mobil ketika kunci dalam posisi on maka gambar baterai menyala. Dan ketika mesin hidup dan baterai akan mati. Sekiranya meisn hidup melainkan gambar baterai masih menyala, maka dapat dipastikan ada persoalan di metode pengisian mobil. Langkah terbaik, lakukan servise metode pengisian di bengkel sah atau bengkel kesayangan anda. Atau dapat melepas terminal negatif aki ketika mesin hidup melainkan kalai mesin mati setelah terminal negatif dicopot maka terpadat persoalan pada metode pengisian.

    Hindari Menghidupkan Beban Berat Ketika Mesin Mati

Cara merawat aki yang satu ini yaitu jangan menyalakan beban berat ketika mesin mati, contohnya headlamp, radio dan lain-lainnya dalam waktu yang cukup lama, karena dapat menguras kapasitas aki. Sekiranya dilakukan terus menerus maka aki dapat tekor dan susahnya distarter.

    Tune up Mesin Secara Berkala

Cara termudah untuk merawat aki supaya awet yaitu dengan tune up secara berkala . Pada dasarnya ketika menjalankan tune up, aki mobil bakal diperiksa kapasitas atau sua elektrolit yang ada, kondisi dari terminal dan masih banyak lagi. Intinya aki akan dirawat berkala  dan membuatnya lebih awet.

    Periksa Mutu Baterai/Aki

Agar dapat mendapat data akurat seputar mutu dari aki/baterai, maka dapat menggunakan alat bernama batteray load tester. Sekiranya alat ini telah diaplikasikan, maka mutu aki dapat diamati apakah masih dalam kondisi baik atau telah buruk.

Sekiranya tips cara merawat aki mobil diatas telah anda terapkan, maka baterai atau aki dapat bertahan selama 3 – 5 tahun, namun tergantung dari penggunaan masing-masing individu. Review yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Cara Merawat Aki Mobil Agar Awet Dan Tahan Lama"

Posting Komentar